Jumat, 01 April 2016

Kopi Tubruk, Tak Sesederhana Kedengarannya

Esspresso, Latte, Mocca, Cold Brew, Cinnamon, Tubruk, adalah cara-cara kopi dihidangkan. Selera dan kesukaan setiap orang akan berbeda. Jika Anda pergi ke sebuah kafe, Anda bisa memilih salah satu dari varian kopi yang tertera di daftar menu. Jika kita hanya di rumah, cara paling mudah, tradisional, dan murah adalah menikmati kopi tubruk.

Sesuai namanya, kopi tubruk adalah cara menghidangkan kopi dengan cara kopi ditubrukkan saja dengan air panas (umumnya dengan gula). Kopi tubruk ini dapat dibeli dimanapun, bahkan di warung-warung kopi kaki lima.

Menyeduh kopi tubruk ternyata ada cara supaya seduhan lebih optimal, baik itu dari durasi penyeduhan, hingga suhu air yang digunakan.

Kopi yang akan di seduh sebaiknya kopi yang digiling dengan lembut (fine). Biji kopi fine akan mudah mengeluarkan sari-sari kopi ketika tertubruk dengan air panas. Suhu air yang di anjurkan adalah 90 derajat celsius. Jika anda tidak punya termometer maka, didihkan air kemudian diamkan selama dua hingga tida menit.

Sebelum menuangkan air ke gelas, lebih baik basahi dulu kopi dalam gelas dengan air tadi, sehingga ketika diseduh, rasa kopi akan lebih optimal.

Menikmati kopi tubruk akan lebih enak jika dipadukan dengan pisang goreng. Hmmm....yum...

Selamat menikmati kopi tubruk buatan Anda sendiri.

Sumber gambar : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b3/Kopi_Tubruk_Jakarta.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Expresswww.submitexpress.com