Rabu, 30 Desember 2015

Cara Menyimpan Kopi Yang Baik

Penyimpanan kopi sering kali diabaikan. Padahal, penyimpanan kopi dengan baik dan benar akan menjaga kualitas kopi, sehingga ketika diseduh kopi akan tetap terasa nikmat. Berikut ini ada beberapa tips menyimpan kopi dengan baik dan benar, baik itu berupa biji kopi atau kopi bubuk.






1. Tempatkan di wadah yang kedap udara.
Walaupun tampak mahal, tetapi wadah yang kedap udara akan senantiasa menjaga kualitas kopi di dalamnya. Kontaminasi dengan udara luar akan membuat kopi tidak segar lagi.

2. Tempatkan wadah kopi di suhu ruangan/kamar.
Jangan pernah menaruh kopi di kulkas atau di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Meskipun kopi sudah diletakkan di wadah kedap udara, kalau wadah tersebut diletakkan di tempat yang salah, maka rasa kopi akan berubah. Letakkan kopi di tempat dengan suhu 20 sampai 25 derajat celcius.

3. Jangan membeli kopi untuk jangka panjang.
Di atas sudah dijelaskan bahwa kopi baiknya disimpan di wadah kedap udara. Tentu saja wadah tersebut memiliki batasan. Jika Anda memiliki beberapa wadah yang kedap udara, tetap jangan membuat persediaan kopi untuk jangka panjang. Lebih baik sedikit repot dengan membeli kopi untuk persediaan dua minggu sekali dari pada untuk satu bulan sekali. Semakin banyak persediaan dalam wadah maka kopi akan sering terkena paparan udara luar karena sering dibuka untuk disajikan.

4. Perhatikan umur kopi.
Jangan membeli kopi yang terlalu lama dari waktu penyangraian, karena kopi pun benda organik. Kita tahu bahwa semua benda organik lebih mudah membusuk. Hal ini berkaitan dengan nomor tiga. Usahakan kopi persediaan Anda adalah kopi-kopi baru sehingga rasa yang Anda nnikmati dari kopi tersebut masih segar dan baik.

Itu tadi beberapa tips untuk menyimpan kopi supaya Anda selalu meminum kopi yang berkualitas baik

Sumber gambar : https://c2.staticflickr.com/6/5080/5861499785_2f7e3ff85b.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Expresswww.submitexpress.com