Senin, 28 Desember 2015

Kopi Meningkatkan Gairah Olahraga

Konsumsi Kopi Sebelum Latihan
Mungkin ini terdengar aneh bagi masyarakat kita. Namun di negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa, mengonsumsi kopi sebelum latihan benar-benar memberikan manfaat yang menguntungkan. Bagaimana bisa? jawabannya sudah pasti kandungan kafein dalam kopi.

Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat (SSP), memiliki efek sementara untuk menangkal kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Di Amerika Utara, lebih dari 89 persen orang dewasa mengonsumsi kafein setiap hari. Food and Drugs Administration (FDA) pun mengakui bahwa kafein termasuk ke dalam zat makanan yang aman dikonsumsi.

Kafein banyak terkandung dalam biji kakao (coklat), daun teh, minuman bersoda dan sport drink. Namun, kebanyakan orang lebih memilih kopi karena memiliki rasa yang khas dan membuat tubuh lebih bergairah.

The Australian Institute of Sport menemukan bahwa kafein dapat merangsang otot menggunakan lemak sebagai bahan bakar daripada menggunakan karbohidrat. Kafein juga banyak digunakan para atlet olahraga daya tahan seperti marathon, untuk mendapatkan energi ekstra saat pertandingan.

Studi lain yang dilakukan di University of Pittsburg juga menemukan hasil serupa, bahwa kafein memiliki kemampuan untuk melepaskan lemak dari jaringan adiposa sehingga lemak bisa lebih mudah dibakar.

Saat kafein masuk ke dalam tubuh, ia akan mengikat reseptor yang terdapat pada sel-sel lemak. Nucleotide adenosine adalah reseptor yang terdapat pada sel-sel lemak yang pada saat tertentu menghalangi pelepasan lemak pada jaringan adiposa.

Dengan keberadaan kafein maka kemampuan nucleotide adenosine menghalangi pelepasan lemak dari jaringan adiposa akan menurun, sehingga proses pelepasan lemak dari jaringan adiposa dapat berjalan maksimal. Inilah sebabnya mengonsumsi kafein sebelum latihan sangat efektif untuk membantu proses pembakaran lemak.

Sebuah tinjauan yang baru-baru ini diterbitkan oleh International Coffee Organization menyatakan bahwa kafein pada secangkir kopi (150 gram kafein) mungkin dapat mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja latihan, termasuk latihan ketahanan dan intensitas tinggi.

Mereka juga menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kemampuan fisik sebesar 12,4%, dibandingkan mereka yang mengonsumsi plasebo.

artikel diambil dari:
https://duniafitnes.com/nutrition/minum-kopi-sebelum-latihan-bakar-lemak-lebih-banyak.html
Sumber gambar:
http://i01.i.aliimg.com/wsphoto/v0/1636290467/Fitness-human-body-style-coffee-cup-lovers-mug-ceramic-cup-.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Expresswww.submitexpress.com