Sabtu, 26 Desember 2015

Kandungan yang Terdapat dalam Kopi

Kopi merupakan tanaman yang bijinya diolah sebagai minuman. Bagi penikmat kopi kandungan yang paling sering di dengar adalah kafein. Tapi tahukah Anda, kandungan yang terkandung dalam kopi selain kafein?

Berikut kandungan zat-zat yang terkandung dalam kopi:

1. Kafein (caffeine)
Kafein diklasifikasikan sebagai drug, dan aman jika dikonsumsi dalam dosis tertentu. Kafein dalam ilmu kedokteran digunakan sebagai perangsang kerja jantung.

2. Air (H2O)
70% tubuh manusia adalah air, maka dari itu kebutuhan air merupakan kebutuhan utama. Namun kandungan ini sering kali tidak digunakan dalam kopi untuk minuman karena kopi harus dikeringkan.

3. Ethyphenol
Zat ini terdengar asing bagi orang awam. Zat ini yang memberikan aroma pada kopi.

4. Quinic Acid
Zat ini yang memberikan rasa asam pada kopi. Untuk kopi arabika, zat ini tentu lebih banyak daripada robusta karena arabika dikenal karena rasa asamnya. Pada ilmu kedokteran, zat ini digunakan sebagai bahan obat flu.

5. Dicaffeoylquinic Acid
Zat ini adalah zat yang menangkal radikal bebas karena merupakan antioksidan. Kandungan antioksidan pada kopi memang tidak sebanyak pada tumbuhan obat lainnya, tetapi merupakan penangkal radikal bebas paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia.

6. Dimethyl Disulfide
Zat ini akan banyak ditemukan pada biji kopi yang belum dikeringkan. Zat inilah yang menyebabkan kotoran manusia menjadi berbau.

7. Acetylmethylcarbinol
Zat yang akan ditemukan lebih banyak pada mentega. Zat ini yang membuat rasa gurih pada kopi.

8. Putrescine
Zat ini merupakan zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli. Namun pada kopi, zat ini adalah hasil dari pembusukan bakteri tersebut sehingga penikmat kopi tidak perlu khawatir.

9. Trigonelline
Zat yang layaknya pasta gigi. Zat ini akan melindungi gigi sehingga gigi tidak mudah berlubang.

10. Niacin
Zat ini merupakan zat yang kurang baik bagi tubuh, karena zat ini menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh. Maka dari itu, sekalipun Anda adalah maniak kopi, Anda dianjurkan untuk meminum kopi tidak lebih dari 3 gelas per harinya.

Itulah zat-zat yang terkandung dalam kopi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Expresswww.submitexpress.com